Rahasia Sukses Messi di Lapangan Hijau

Lionel Messi. Siapa yang tidak mengenal sosok pemain yang satu ini? Pria berkebangsaan Argentina yang satu ini memang berhasil membius jutaan penggemar sepakbola di seluruh dunia lewat rentetan aksi ajaibnya. Mengawali karir di akademi Barcelona, Messi kini menjelma menjadi salah satu pemain terbaik dunia.

Sejak awal karirnya di dunia sepakbola profesional, Lionel Messi memang tidak pernah bosan mengejutkan penggemarnya baik lewat aksi, prestasi maupun kontroversi. Namun terlepas dari semua itu, ternyata La Pulga juga melewati sejumlah rangkaian proses sampai akhirnya menjadi pemain superstar seperti sekarang ini.

Sosok Messi juga kerap menjadi role model bagi para pecinta sepakbola. Banyak sekali yang mencari tahu tentang rahasia sukses Messi baik itu dari pola latihan, pola makan, gaya hidup, kebiasaan dan sebagainya. Dan jika kita mencoba mengaksesnya di internet, ternyata juga sudah banyak yang berbagi tentang rahasia sukses pemain yang satu ini.

Perubahan Pola Makan Drastis Messi

Perubahan pola makan memperbaiki performa Messi di lapangan
Perubahan pola makan memperbaiki performa Messi di lapangan

Karir Messi memang sempat mengalami pasang surut terutama saat membela timnas Argentina. Sangat terlihat perbedaan yang signifikan saat La Pulga membela klub dibandingkan dengan saat dirinya membela timnas. Bersama Barcelona Messi bahkan berhasil mencatat treble sementara tidak satupun gelar yang mampu dipersembahkannya bersama timnas Argentina.

Dalam sebuah wawancara, seorang dokter nutrisi asal Italia, Giuliano Poser menyebutkan bahwa performa Messi kembali cemerlang berkat perubahan pola makan yang dilakukan sang pemain secara drastis. Penurunan performa sang bintang diduga akibat kegemarannya memakan junk food semacam pizza.

“Usai gagal membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 2014. Leo menyadari sesuatu bahwa dirinya harus mengubah pola hidup demi meningkatkan performanya di lapangan. Dan hasilnya, kini dia terlihat bertambah kuat,” tutur Poser kepada media setempat.

“Messi telah mengubah pola makannya dengan tidak mengonsumsi makanan olahan dan menggantinya dengan makanan yang lebih sehat dan bernutrisi seperti buah-buahan, sayuran, ikan, dan minyak zaitun,” tambah pria asal Italia tersebut.

Pola Latihan Lionel Messi

Melatih kekuatan dan kecepatan kaki ala Lionel Messi
Melatih kekuatan dan kecepatan kaki ala Lionel Messi

Selain pola makan, ternyata Lionel Messi juga meningkatkan kualitas serta frekuensi latihan nya demi mencapai sebuah kesempurnaan performa. Bagi anda yang berpikiran bahwa untuk menjadi seperti Messi memerlukan bakat dan keajaiban sejak lahir ternyata itu salah besar. Ternyata dibutuhkan latihan khusus juga untuk bisa mencapai performa seperti La Pulga.

Berikut adalah pola latihan yang biasa dijalani oleh seorang Lionel Messi:

  • Latihan mengatur stamina dengan lari jogging dan althetic merupakan cara yang tepat untuk menjaga stamina selain itu atur juga gaya makan yang sehat.
  • Perkuat kaki lemah anda ini sangat penting karena gaya dribble seperti messi menuntut kedua kaki untuk bisa mengontrol jalur bola. Lakukan latihan dengan cara lari dengan rintangan ban dan cone secara rutin.
  • Latihan body balance atau keseimbangan badan sangat berguna untuk menghindari cedera saat terjatuh dan lebih lama mengontrol bola saat melakukan dribble.
  • Melatih kelenturan badan yang berguna untuk membantu anda melakukan manuver saat menggring bola.
  • Latihan Speed atau kecepatan agar bisa mendrible bola dengan baik. Lakukan latihan dengan melakukan lari sprint dengan teratur.
  • Berlatih Control bola dengna kedua kaki bergantian sampai insting anda untuk bisa mengontrol bola tanpa milihat posisi bola semakin terasah.
  • Melatih Timing yang tepat seperti saat berbelok untuk mengelabui lawan. Latihan ini dapat di lakukan dengan cara latihan 1 vs 1 dengan rekan setim.
  • Asah refleks ini berguna untuk melakukan manuver saat berhadapan dengan lawan dan juga mengatur irama kaki untuk mengatur bola dengan kaki anda.
  • Latihan Pace atau penempatan bola saat di dribble mengatur posisi bola agar tidak terlalu jauh dari janggauan kaki dan menghindari kehilangan bola juga sangat perlu untuk seorang pemain sepak bola profesional.