Proses pemulihan cedera terdiri dari bebrapa tahapan

Proses Pemulihan Cedera Pada Pemain Bola

Setiap pekerjaan mempunyai resikonya masing-masing. Baik pekerjaan yang duduk di belakang komputer maupun buruh kasar yang bekerja di lapangan. Begitupun dengan atlit sepakbola, pekerjaan yaang satu ini juga memiliki resiko yang tidak kalah besarnya seperti pekerjaan di atas. Malah resiko dalam sepakbola bisa mengancam karir bahkan kehidupan sang atlet sepakbola.

Cedera merupakan resiko pekerjaan yang sudah pasti dialami para atlit sepakbola profesional. Hal yang satu ini merupakan resiko yang paling sebisa mungkin dihindari oleh para pemain, namun suka tidak suka pasti akan terjadi. Apalagi dalam sebuah karir profesional, kerasnya kompetisi membuat resiko cedera kian mengintai para pemain sepakbola profesional.

Memang beberapa cedera memiliki resiko mengakhiri karir sang pemain. Namun bukan berarti dokter klub tidak bisa memberikan perawatan kepada pemainn yang mengalami cedera. Dari mulai cedera ringan sampai cedera yang berat sekalipun, sebisa mungkin tim dokter klub akan mengusahakan kesembuhan sang pemain. Tentu setiap jenis cedera memiliki penanganan yang berbeda dalam pemulihannya.

Jenis-Jenis Cedera Pemain Sepakbola

Resiko cedera selalu mengintai para pemain profesional
Resiko cedera selalu mengintai para pemain profesional

Jenis-jenis cedera yang sering menimpa para pemain sepakbola bermacam-macam jenisnya. Dari mulai cedera yang menyerang bagian luar tubuh, hingga yang menyerang bagian vital. Penyebab yang bisa menimbulkan cedera pun juga bermacam-macam meskipun biasanya sama-sama diawali oleh benturan.

Berikut adalah jenis-jenis cedera yang kerap menimpa para pemain sepakbola profesional:

  • Hamstring
    Cedera ini terjadi karena salah satu dari 4 otot hamstring mengalami strain. Kalo kamu sering melakukan sprint secara cepat dan dadakan, hati-hati kena hamstring soalnya cedera ini terjadi pas kita lagi lari dengan cepat.
  • ACL ( Anterior Cruciate Ligament )
    Cedera ini terjadi karena adanya perputaran badan atau bisa juga terjatuh. Dalam posisi terjatuh, posisi ACL bisa mengalami perenggangan dan menarik meniscus sampe lepas.
  • Muscle Strain
    Cedera ini biasanya menyerang bagian paha dan juga betis para pesepak bola. Kalo udah kena cedera ini, hindarilah melakukan peregangan otot karena otot harus diistirahatkan sementara waktu.
  • Sport Hernia
    Sport Hernia A.K.A turun berok dapat diamati dengan melihat perut bagian bawah. Cedera ini terjadi karena usus yang melorot ke arah locus minoris. Kalo dipaksain dan gak segera diobati, bisa-bisa usus kamu keluar.
  • Ankle
    Cedera ini biasa disebut keseleo atau terkilir. Bagian yang kena umumnya di sekitar pergelangan kaki atau mata kaki. Hampir semua bidang olahraga dihantui oleh cedera yang satu ini.

Proses Pemulihan Cedera Pemain Sepakbola

Proses pemulihan cedera terdiri dari bebrapa tahapan
Proses pemulihan cedera terdiri dari bebrapa tahapan

Seorang Direktur Center for Better Bones, Dr. Susan E. Brown, Ph.D. menjelaskan bahwa proses penyembuhan cedera dalam pemain sepakbola khususnya cedera patah tulang memiliki tiga tahapan atau fase yaitu: fase Inflamasi, yang kedua fase reparasi, dan yang ketiga, fase pembentukan.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang bagaimana proses pemulihan pada cedera patah tulang yang dialamai oleh seorang pemain sepakbola:

  • Fase inflamasi
    Tahap yang pertama ini merupakan fase dimana tulang baru mulai bekerja untuk membentuk jaringan-jaringan yang baru. Jaringan baru ini dibentuk dari bagian tulang yang rusak untuk dibentuk jaringan baru.
  • Fase reparasi
    Yang kedua adalah Fase Reparasi. Tahap dimana dimulainya pembentukan protein-protein untuk pembentuk susunan tulang. Protein-protein ini yang dibutuhkan untuk melengkapi jaringan-jaringan pembentuk tulang.
  • Fase pembentukan
    Fase yang terakhir ini dinamaka Fase Pembentukan. Dinamakan pembentukan karena dalam fase ini jaringan-jaringan yang sudah terbentuk tersebut mulai matang dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.