Lima hal yang perlu dihindari jika ingin kaki kuat seperti pemain bola

Mitos Ceker dan Kaki Kuat Ala Pemain Bola

Pernahkah anda mendengar istilah bahwa ceker membuat kaki menjadi kuat? Kalau pernah berarti saya dan anda sama. Kalau tidak, hem sepertinya orang tua saya memang terlalu kolot percaya dengan mitos. Tapi setelah saya membaca beberapa sumber di internet, ternyata mitos tersebut benar.

Mitos tentang ceker ayam membuat tulang kaki menjadi kuat banyak. Ya setidaknya orang tua saya tidak kolot sendiri, hehe. Nah, lalu apa hubungannya dengan ceker ayam membuat tulang kaki kita menjadi kuat? Apa sebenarnya kandungan gizi yang terdapat dalam ceker ayam?

Apakah benar para pemain bola yang kakinya kuat dulunya rajin mengkonsumsi ceker ayam? Kok perasaan saya tidak pernah menemukan artikelnya di internet. Lantas bagaimana caranya untuk memperoleh kaki yang kuat ala pemain  sepakbola profesional? Simak artikel lengkapnya di bawah ini!

Ceker Ayam Bagus Buat Kaki? Mitos Atau Fakta?

Mitos ceker dapat membuat kaki anak menjadi kuat masih berkembang di kalangan orang tua
Mitos ceker dapat membuat kaki anak menjadi kuat masih berkembang di kalangan orang tua

‘Ceker ayam bagus untuk memperkuat tulang kaki.’ benarkah demikian? Banyak sekali ahli nutrisi yang tidak sependapat dengan kalimat ini. Merka berpendapat kandungan nutrisi ayam terutama protein paling banyaak berada pada bagian daging. Sementara ceker didominasi oleh kulit da tulang muda, sangat ironis mengingat bayi belum memiliki gigi untuk memakan itu semua.

Tapi yang membuat saya heran, mindset seperti ini tetap ada di kalangan para orang tua yang baru memiliki anak. Mereka seringkali menambahkan ceker ayam ke dalam masakan bubur untuk bayi. Alasannya? Agar kaki bayi lebih kuat, supaya lebih cepat bisa berjalan dan supaya besarnya bisa menjadi pemain bola. Masuk akal? Hem, menurut anda bagaimana?

Tapi ternyata ada sebuah penelitian yang telah membuktikan bahwa ceker ayam (setidaknya) terbukti bermanfaat untuk kaki. Dalam ceker ayam ada kandungan asam amino (komponen dasar protein) yang di dalamnya terdapat glisin-prolin, hidroksiprolin-agrinin-glisin. Selain itu, ceker juga mengandung zat kapur, kolagen dan sejumlah mineral yang tentunya sangat baik untuk pertumbuhan tulang anak.

Mau Kuat ala Pemain Bola Profesional? Hindari 5 Hal Ini!

Lima hal yang perlu dihindari jika ingin kaki kuat seperti pemain bola
Lima hal yang perlu dihindari jika ingin kaki kuat seperti pemain bola

Selain kaki, seorang pemain bola tentu harus memiliki beberapa aspek kekuatan fisik untuk bisa dibilang layak sebagai seorang atlet sepakbola. Dan untuk meraih hal tersebut selain latihan dan pola makan, dibutuhkan kebiasaan baik untuk menjaga kondisi fisik seorang pemain bola. Dan sebagai seorang pemain, kita perlu menghindari kebiasaan buruk berikut:

  • Merokok
    Bahaya kesehatan yang timbul dari kebiasaan merokok adalah gangguan pernafasan. Selain itu, zat berbahaya pada rokok dapat terserap sampai ke otak sehingga akan mengganggu konsentrasi.
  • Minum Beralkohol
    Kandungan alkohol dapat merusak Liver yang notabene merupakan organ penting bagi manusia. Selain itu, menurunnya konsentrasi akan membuat pemain bola menjadi sulit untuk berpikir jernih dalam mencerna strategi permainan.
  • Narkoba/Dopping
    Banyak sekali narkoba berlabel dopping untuk meningkatkan kemampuan pemain. Namun ini tetap saja merupakan zat terlarang dan tidak baik untuk tubuh seorang pemain sepakbola.
  • Onani Berlebihan
    Terlalu sering melakukan onani akan berpengaruh kepada penurunan stamina dan teknik pengolahan napas secaara drastis. Selain itu, kebanyakan onani juga membuat pemain menjadi sulit konsentrasi, badan kaku-kaku, konsentrasi syaraf motorik terganggu, lemas-lemas pada kaki khususnya dengkul (lutut).
  • Bergadang
    Bergadang dapat meyebabkan stamina menurun cepat, kurang konsentrasi, dan keletihan serta pegal-pegal yang dapat mengganggu kinerja otot ketika bermain. Pergunakan waktu istirahat minimal 6-7 jam dalam sehari dan sebisa mungkin tidur dengan nyenyak dan nyaman untuk kembali memulihkan stamina.