Gaya Hidup ala Sepakbola Profesional

Sepakbola seringkali dianggap sebagai bahasa universal selain musik. Banyak sekali yang memandang sepakbola tidak hanya sebagai salah satu cabang olahraga. Bagi beberapa negara, sepakbola dianggap sebagai jalan hidup bahkan agama. Seperti negara-negara di Amerika Selatan yang menaruh besar harapan mereka untuk hidup dari sepakbola.

Selain ittu, di beberapa tempat di belahan dunia ini, ada juga yang memandang sepakbola hanya sebagai gaya hidup atau lifestyle. Bagi mereka sepakbola hanyalah sekedar hobi untuk melepas kan diri dari rutinitas mereka sehari-hari. Malah ada di beberapa negara yang menganggap sepakbola merupakan hiburan yang mahal, yaitu di daerah konflik misalnya.

Namun satu yang kita bisa ambil kesimpulan. Semua orang suka sepakbola baik mereka bisa atau tidak memainkannya. Dan dalam kenyataannya, banyak juga mereka yang menerapkan gaya hidup sehat khas sepakbola meski mereka bukan atlet profesional. Ya, itulah ajaibnya sepakbola. Olahraga yang mampu mempersatukan dunia dari seribu perbedaan.

Sepakbola Sebagai Gaya Hidup

Ronaldinho, pesepakbola yang gemar melakukan pesta
Ronaldinho, pesepakbola yang gemar melakukan pesta

Pengamatan ini khususnya saya lakukan di Jakarta. Dimana euforia masyarakatnya terhadap olahraga sepakbola sangat luar biasa tinggi. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan hingga lanjut usia, sepakbola sudah seperti mengalir dalam darah. Sangat terlihat bagaimana kini tempat futsal yang tidak pernah sepi pelanggan, apalagi kalau akhir pekan.

Jika pada awal millenium banyak sekali pemuda yang memilih menghabiskan malam minggu mereka dengan kongkow tidak jelas, pergi ke klub malam dan sebagainya. Kini malam minggu bisa dibilang sebagai malamnya futsal (bagi mereka yang tidak pacaran khususnya, haha). Belum lagi berbagai turnamen sepakbola yang selalu mendapat respon positif.

Dan jangan lupa, penjualan apparel sepakbola serta pernak-pernik lainnya pun kini mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Mulai dari merchandise resmi yang dikeluarkan klub-klub sepakbola eropa, hingga produk apparel bajakan dengan kualitas dan harga yang lebih rendah ketimbang yang official. Ini sangat menggambarkan bagaimana kecintaan masyarakat terhadap sepakbola.

Menerapkan Pola Hidup Sehat ala Pemain Sepakbola

Cristiano Ronaldo terkenal selalu menerapkan gaya hidup sehat
Cristiano Ronaldo terkenal selalu menerapkan gaya hidup sehat

Tidak hanya gaya hidup sepakbola secara umum saja yang diaplikasikan oleh para penggemar sepakbola di Indonesia. Bahkan bagi beberapa orang yang sangat menaruh harapan kepada sepakbola, mereka menerapkannya hingga ke pola hidup para pemain sepakbola.

Dari mulai diet, pembentukan badan, latihan skill dan teknik, hingga pola makan yang dilakukan para pesepakbola dunia mereka lakukan. Ini merupakan sebuah fenomena yang sangat luar biasa. Karena masyarakat kerap kali meniru apa yang dilakukan sang idola, berhubung ini merupakan contoh yang menyehatkan, jadi tidak ada salahnya bukan?

Namun apa saja sebenarnya gaya dan pola hidup yang biasa dilakukan para pesepakbola dunia? Berikut adalah pola makan dan pola latihan para pemain sepakbola dunia:

  • Pola Makan:
    Mengkonsumsi makanan yang mengandung cukup karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, air dan serat. Yang utama adalah harus makanan yang mudah dicerna sehingga penyerapan nutrisi lebih optimal.
  • Pola Latihan:
    Para pesepakbola biasanya memiliki beberapa jenis latihan berbeda. Dari mulai latihan fisik, latihan skill dan kemampuan olah bola, kemampuan tim, serta ada juga latihan untuk membentuk mentalitas bermain.
  • Pola Hidup:
    Para pemain sepakbola biasanya akan menerapkan gaya hidup sehat dan sedikit demi sedikit mulai mengurangi dunia malam. Karena tidak sedikit contohnya pemain yang hancur akibat gaya hidup malam dan pesta yang mereka kerjakan seperti Maradona, Balotelli dan Ronaldinho contohnya.